Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Program Satu Juta Masker Kain Untuk Warga Kurang Mampu Mulai Disalurkan

Ekonomi Minggu, 19 April 2020 - Oleh opt4

Banda Aceh - Pemerintah Aceh telah mencanangkan program satu juta masker kain untuk warga kurang mampu. Kini, masker kain mulai disalurkan secara bertahap ke kabupaten dan kota se-Aceh.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati mengatakan di tengah pandemi wabah Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya Aceh, penggunaan masker sudah merupakan sebuah kewajiban sejalan dengan program pemerintah pusat.

"Pemerintah Aceh menyediakan satu juta masker kain yang dijahit oleh UMKM. Kemudian Pemerintah Aceh membelinya lalu kemudian dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang tidak sanggup membeli karena kondisi yang sedang sulit sekarang ini di seluruh Aceh dan warga yang baru miskin akibat terdampak pandemi Covid-19," sebutnya di halaman Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Minggu (19/4/2020).

Penduduk Aceh, sebut Dyah, berjumlah lebih dari lima juta jiwa. Satu juta masker kain setidaknya bisa digunakan oleh 20 persen warga. Targetnya untuk warga kurang mampu, sementara keluarga menengah ke atas bisa membeli masker sendiri.

Dyah mengungkap, faktor keselamatan merupakan yang terpenting selain isu menurunnya keadaan perekonomian masyarakat Aceh. 

Oleh karenanya, Dyah mengajak masyarakat untuk menomorsatukan keselamatan dengan cara membatasi kegiatan berkumpul, menjaga jarak, mengikuti prokotol kesehatan, dan menggunakan masker saat keluar rumah.

"Proses produksi masker ini juga dikejar dengan waktu karena jika telat maka akan ada kemungkinan warga yang terpapar Covid-19," ujarnya.

Ia mengapresiasi kinerja Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang telah bekerja maksimal menyiapkan masker kain dengan melibatkan UMKM lokal. Satuan Kerja Perangkat Aceh juga mewajibkan penggunaan masker di lingkungan kerjanya.

"Solidaritas di Aceh melebihi di tempat lain. Ini menjadi bukti kerja bersama untuk melindungi masyarakat dan memutus rantai penyebaran Covid-19 sehingga nantinya kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa," harap Dyah.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Wildan mengatakan, sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo untuk memakai masker dalam penanggulangan wabah Covid-19, Plt Gubernur Aceh telah mengajak untuk menyiapkan program-program yang bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Program satu juta masker kain ini dalam proses produksinya melibatkan 150 UMKM di Aceh dengan 1140 penjahit. Untuk tahap ini, 10.000 masker disalurkan untuk warga Kota Banda Aceh dan 15.000 masker untuk warga Kabupaten Aceh Besar. 

"Sementara untuk wilayah lain akan diantar mulai Senin sampai Kamis besok," sebutnya. (wn/ri/fd)

 

 

 

Sumber : https://diskominfo.acehprov.go.id/

 

Last Update Generator: 17 May 2024 18:14:53