Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Wali Kota : Alhamdulillah Seluruh Masjid atauTempat Ibadah Banda Aceh Terus Membacakan Doa Tolak Bala

Agama Kamis, 28 Mei 2020 - Oleh opt4

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan masjid-masjid, dayah, meunasah, dan tempat ibadah umat muslim lainnya dan di rumah-rumah terus melantunkan doa dan zikir bersama.

Doa tulak bala atau tolak bala masyarakat Aceh sering menyebutnya, dibacakan guna memohon kepada Sang Pangkuan Alam supaya Aceh dan seluruh dunia umumnya dijauhkan dari segala penyakit dan marabahaya termasuk virus yang sangat mematikan saat ini, Covid-19.

Wali Kota Aminullah, sebelumnya pada 23 Maret 2020 telah mengumumkan imbauan kepada seluruh masyarakat Banda Aceh. Ia meminta masyarakat memperbanyak ibadah di rumah masing-masing dan tempat peribadatan, berikhtiar dan bertawakal kepada Allah SWT.

Dalam imbauannya, ia meminta masyarakat memperbanyak zikir dan berdoa setelah shalat fardhu bersama keluarga di rumah.

“Beristighfar kepada Allah, bersalawat kepada Rasulullah setelah shalat. Kemudian bacalah surat Yasin dan surat Al-Isra ayat 81,” kata Aminullah menjelaskan isi imbauan.

Kemudian diminta membaca doa tolak bala agar penyebaran virus mematikan ini tidak terjadi di Banda Aceh dan bumi Serambi Makkah secara umum.

Berikut Lafaz Doa Tolak Bala yang diimbau untuk dipanjatkan warga kota:

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِالْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Artinya :

“Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit, wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam, paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya engkau atas segala sesuatu adalah kuasa.

Doa ini, katanya, merujuk kepada saran ulama-ulama (MPU). Selain doa tersebut, hampir di setiap masjid yang ada di Banda Aceh pun terdengar membacakan qunut nazilah pada saat waktu salat fardhu.

Aminullah mengungkapkan salah-satu faktor penyebab Banda Aceh dan Aceh pada umumnya minim angka positif Covid-19 adalah masyarakat yang terus berdoa dan patuh pada ulama.

“Mayoritas penduduk disini adalah muslim. Kami percaya dengan berdoa dan berzikir maka Allah jauhkan kami dari segala wabah penyakit,” ucap Aminullah, Kamis 28 Mei 2020 di Pendopo wali kota, usai silaturrahmi dengan unsur management Serambi Indonesia.

Sinergitas antara pemerintah, peran ulama, tokoh-tokoh dan masyarakat yang patuh ini merupakan wujud dari suksesnya Banda Aceh dalam penanganan Covid-19, sebutnya.

Di samping terus berdoa, Aminullah juga meminta masyarakat tetap waspada dan terus melaksanakan protokol kesehatan yang ada.

“Tidak bisa kita pungkiri virus ini akan datang kapan saja. Tetap jaga jarak, gunakan masker dan cucilah tangan usai beraktivitas. Ini semata bentuk ikhtiar kita dalam mencegah corona,” kata Aminullah.

Ia pun mengharapkan, Aceh yang merupakan daerah berlaku syariat islam ini terus dilindungi oleh Allah SWT.(riz)

 

 

 

Sumber : https://bandaacehkota.go.id/

 

 

Last Update Generator: 17 May 2024 20:35:44